Efek Sering Lewat Jalanan Beton Buat Ban

Efek Sering Lewat Jalanan Beton Buat BanEfek Sering Lewat Jalanan Beton Buat Ban

Keberadaan ban khususnya untuk mobil mempunyai peranan yang sangat penting guna menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Penggunaan ban mobil akan memengaruhi umur ban, termasuk kondisi jalan yang sering dilalui.

Terlebih banyak jalan yang sekarang menggunakan beton. Hal ini disampaikan oleh Bambang Hermanuhadi selaku Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (SRI)-produsen ban Dunlop di Indonesia.

“Kondisi jalan memengaruhi umur ban, apalagi banyak jalan tol yang dibuat dari beton. Itu daya geseknya terhadap karet sangat tinggi. Biasanya kalau ban biasa pakai di jalan umum, bisa digunakan sampai 70.000-80.000 km, masuk ke jalan yang beton cuma bisa sampai 60.000 km,” kata Bambang kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, umur ban bukan dilihat dari hitungan tahun atau bulan tapi berdasarkan capaian kilometer.

“Kira-kira kalau di pabrik hitungannya kilometer ya, jadi gak pakai bulan, gak pakai tahun. Karena kalau pakai bulan atau tahun, misalnya pengguna mobilnya beroperasi dengan jangka waktu pendek, ya umur ban bisa lama. Bisa lima tahun belum habis (aus),” ujarnya.

Sedangkan dari pabrik ban sendiri, menggunakan capaian kilometer untuk menentukan umurnya, sudah harus diganti atau belum.

“Kalau penggunaannya yang jarang atau bisa tahan lima tahun, pada umumnya kira-kira bisa sampai 70-80 ribu km. Sedangkan dengan pemakaian normal sehari-hari yang sekitar 20-30 km, itu pemakaian kira-kira kuat sampai 3-4 tahun,” tutupnya.

SUMBER  : liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *